Uniknya Garam Gunung asal Desa Long Midang Kaltim

Di daerah Kalimantan Timur, ada tempat di ketinggian yang unik, tempat ini menjadi unik karena  terdapat garam di kawasan ketinggian ini. Keberadaan garam tersebut  didalam sumur di Desa Long Midang, Gunung Krayan yang berjarak 100 km dari tepi laut, ketinggian Gunung Krayan 2.400 diatas permukaan laut.


Bentuk garam gunung yang dihasilkan di Krayan memiliki penampilan yang sama dengan garam laut  yaitu seperti pasir dan berwarna putih. Namun ternyata garam gunung ini memiliki kandungan yodium yang lebih tinggi dibanding garam laut.Selain mengandung yodium yang tinggi, garam ini juga memiliki kelebihan lain, yaitu tidak merubah warna sayur. Kalau biasanya sayur yang diberi garam laut berubah warna menjadi agak layu, tidak dengan garam gunung. Sayur yang diberi garam gunung tetap berwarna hijau segar.

Untuk membuat garam gunung ini berbeda dengan proses pembuatan garam dengan garam laut. Bahan dasar berupa air sumur di Desa Long Midang, direbus satu malam hingga air mengering. Setelah kering, tertinggalkan butiran kristal yang merupakan garam basah lalu garam basah ini dimasukkan ke dalam batang bambu dan dibakar hingga bambu habis terbakar api. Sisa bakaran inilah yang merupakan garam kering yang kemudian dibungkus daun dan siap dijual tentu dengan harga yang beda dengan garam biasa dari air laut.






Ternyata garam gunung asal Desa Long Midang sudah cukup terkenal, bahkan sampai ke negeri tetangga Malaysia dan Brunei Darussalam. Sayangnya, keberadaan garam gunung ini justru belum banyak diketahui masyarakat Indonesia.

No comments:

Powered by Blogger.