Kebiasaan Unik berpakaian Suku Xingu dalam kehariannya

Dari beberapa blog yang telah dikunjungi, diceritakan bahwa Suku Xingu  adalah suku pedalaman di daerah Amazon.  Yang membuat jadi unik suku ini, dalam kehidupan kesehariannya mereka kadang Semi terbuka, dan kalau pun memakai pakaian  hanya memakai ikatan kain yang dililitkan sedikit di atas kemaluannya atau melingkar di perutnya.

Namun konon juga keberadaan suku pedalaman yang ada di Amazon ini amat dihormati di Amerika Latin sana, sehingga bila ada turis yang melancong disana, disuguhi dengan tetarian khas suku itu dan sajian tradisional lainnya dari suku itu.

Walaupun kehidupan mereka sudah menggunakan teknologi canggih seperti televisi, parabola, dan lain sebagainya tetapi tetap saja tidak menggunakan pakaian sebagai budaya asli mereka.  Ada yang membaca menggunakan kacamata karena penglihatannya sudah mulai kabur. Ini menunjukan bahwa mereka sudah mengenal dan mempergunakan peralatan seperti layaknya manusia moderen.

Upacara-upacara yang dilakukan suku xingu sebagai adat dan tradisi terus dipelihara dan dilestarikan. Tubuh suku di hutan Amazon ini diwarnai dengan berbagai macam alat dan bahan tradisonal. Menurut mereka mewarnai tubuh adalah suatu cara untuk memberi perbedaan antara mereka dengan hewan, itulah kepercayaan yang mereka anut.

Wanita muda kakinya harus diberi tanda dengan menggunakan alat dan digaruk hingga mengeluarkan darah. Untuk mencapai lokasi tempat tinggal mereka harus menggunakan pesawat terbang atau pun melewati sungai yang cukup jauh.


No comments:

Powered by Blogger.