Belajar dari Tembok Besar Cina (The Great Wall of China)

Tembok besar Cina atau dalam istilah Bahasa Mandarin adalah "wanli changcheng" yang berarti "tembok yang panjangnya 10 ribu li". Mungkin anda pernah berpikir butuh berapa lama untuk membangun tembok sebesar  dan sepanjang itu?

Kumpulan tembok-tembok  ini mengikuti bentuk pegunungan Cina utara, yang berderet dari  Shanhaiguan hingga ke Teluk Bohai di sebelah timur yang terletak bersebelahan dengan sempadan China dan Manchuria, dan hingga Lop Nur di sebelah tenggara wilayah Xinjiang ini ternyata butuh 300 tahun dalam penyelesaiannya. Luar biasa!! .

Jadi kalau kita asumsikan satu generasi adalah 30 tahun, berarti pembangunan Tembok Besar Cina perlu waktu 10 generasi dan ini berarti perlu beberapa dinasti kerajaan untuk menuntaskan satu proyek luar biasa ini.

Pelajaran apa yang didapat dari sejarah pembuatan diatas tadi??  Adalah Adanya suatu keyakinan yang besar pada bangsa Cina pada waktu itu bahwa bangsanya akan tetap ada dan tetap eksis dari generasi demi generasi setelah mereka sudah tiada.

Ada perspektif ke masa depan yang sangat panjang, ada keyakinan tentang kejayaan bangsa mereka yang dihayati oleh mereka yang ikut terlibat dalam proyek besar tersebut saat itu.

Dan Kita bisa bayangkan bahwa di setiap generasi dengan ikhlas bekerja dan mereka paham bahwa mereka tidak akan menyaksikan bagaimana tembok tersebut akan selesai nantinya.

Walaupun demikian, batu demi batu tetap dipasangkan, generasi demi generasi tetap menjalankan tugas berat ini untuk kejayaan bangsanya.

Untuk lebih jelasnya, Bagaimana bentuk hasil keyakinan dari pelajaran tadi, kita lihat Foto - Foto
"The Great Wall of China" dan seorang model Vina Aslam yang sedang berlibur disana :







            Links Lain :
            * Inilah 3 Jenis Sepatu Boots
            * Jalan Kaca di Ketinggian 4700 kaki,  "Jangan melihat kebawah Jika takut"
            * Para Manusia Es Panjat Tebing Es Tinggi 450 kaki
            * 7 Mitos Lemak yang salah
            * Kota Cambridge Penghasil Banyak Ilmuan Besar

No comments:

Powered by Blogger.