Apas sih ? Awareness, Awakeness, Consciousness dan Enlightenment

Bahasa Indonesia kesadaran itu berasal dari kata awakeness, awareness dan consciousness. Karena berasal dari tiga kata yang berbeda2 maknanya, maka sering kita jumpai ada orang2 yang nggedabrus menjelaskan apakah arti dari kesadaran itu sesuai dengan persepsinya masing-masing.

Kalau kita mau mencari definisi yang sebenarnya dari kata2 itu, bisa dilihat pada kamus online atau di Wikipedia dan carilah makna aslinya dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Inggris. Jangan pernah mencari artinya dalam bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia bukanlah bahasa awal dan bukan bahasa yang lengkap.

Awake : to cease sleeping, to become aroused or active again, to become conscious or aware of something, to arouse from sleep or a sleeplike state, to make active.
Awake artinya adalah sadar, bangun atau terjaga. Tidak dalam kondisi mabuk, pingsan atau tidur.

Awareness : Is the state or ability to perceive, to feel, or to be conscious of events, objects, or sensory patterns. In this level of consciousness, sense data can be confirmed by an observer without necessarily implying understanding. More broadly, it is the state or quality of being aware of something. In biological psychology, awareness is defined as a human's or an animal's perception and cognitive reaction to a condition or event. In Spirituality, awareness is understood as the ability to bring attention to one's conditioning, which includes one's thoughts, emotions, memories, ideas, ideals, belief-systems, actions and reactions. In doing so, one experiences a state of freedom, which does not necessarily imply the absence of conditioning but rather the flexibility to use one's conditioning aptly and intelligently according to life situations.
Aware artinya adalah sadar, tahu, menggunakan pancaindera, menggunakan pikiran, melakukan persepsi.

Consciousness : Is the quality or state of being aware of an external object or something within oneself. It has been defined as: subjectivity, awareness, the ability to experience or to feel, wakefulness, having a sense of selfhood, and the executive control system of the mind. Despite the difficulty in definition, many philosophers believe that there is a broadly shared underlying intuition about what consciousness is.
Consciousness : artinya adalah kesadaran adanya sesuatu di dalam diri ini, sesuatu yang being, sesuatu yang spiritual, dan mengetahui adanya hubungan antara diri ini dengan alam sekitarnya walaupun tidak bisa menjelaskan hubungannya seperti apa.

Enlightenment : In a secular context often means the "full comprehension of a situation", but in spiritual terms the word alludes to a spiritual revelation or deep insight into the meaning and purpose of all things, communication with or understanding of the mind of God, profound spiritual understanding or a fundamentally changed consciousness whereby everything is perceived as a unity.
Some scientists believe that during meditative states leading up to the subjective experience of enlightenment there are actual physical changes in the brain.
Enlightenment (pencerahan) adalah sebuah kondisi dimana manusia mencoba merenungkan arti dan tujuan dari semua hal yang ada di alam semesta ini, mencoba menalar cara berpikir dan cara bekerja tuhan, dan mencoba merasakan manunggalnya diri dengan tuhannya.

Enlightenment ini sangat sarat dengan persepsi pribadi, ilusi dan imajinasi... atau katakanlah sangat sarat dengan cocologi... sehingga karena cocologi itu maka akhirnya banyak orang2 yang mencoba mendefinisikan dengan persepsinya masing2.

Di dunia ini tidak pernah ada orang2 yang tercerahkan total. Yang ada adalah orang2 yang merasa tercerahkan, atau orang yang pura2 telah tercerahkan, karena pada dasarnya tidak pernah ada orang yang tahu bagaimana sejarah munculnya tuhan dan alam semesta ini.

Oleh karena itu, percayailah jika ada orang yang mengatakan sedang mencari pencerahan, tapi ragukanlah jika ada orang yang mengatakan telah mendapatkan pencerahan.

No comments:

Powered by Blogger.