Pepatah Arab yg Luar Biasa

Pelajaran Mahfudhot yang sedikit banyak menjadi salah satu motivasi dalam hidup.
Yang pertama diajarkan adalah : “Man Jadda Wajada” yang berarti, barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia mendapatkannya. Hanya tiga kata yang sangat pendek. Tetapi dari kedalaman makna yang dikandung, Subhanallah, luar biasa dalam dan mengena.

Betapa tidak, terutama di masa2 globalisasi dan kemajuan teknologi yang sangat pesat, serta tingkat persaingan sesama individu anak manusia yang sudah sampai tahap yang membahayakan, tentunya motivasi untuk tetap maju, pantang menyerah dan bersungguh2 menjadi kebutuhan yang utama.

Dari makna yang terkandung, senatiasa menyemangati kita untuk tetap konsisten dengan kesungguhan kita dalam mengusahakan segala sesuatu, tanpa kenal lelah apalagi menyerah. Di akhir proses yang telah diusahakan dengan segala tekad, dijanjikan kata kepastian akan hasil yang sesuai dengan kesungguhan tersebut.

Tentunya, kita harus sabar dalam menjalaninya, sebagaimana mahfudhot “Man Shobaro Dhofiro”, alias barang siapa yang mampu bersabar maka akan mendapatkan selama tetap dalam trek, sesuai jalurnya. “Man Saaro ‘ala Ad-Darbi Washola” yang berarti barang siapa berjalan pada trek lintasannya, maka ia akan sampai pada tujuannya. “Al Barakah Fil Harakah” berkah itu terdapat di dalam keaktivitasan hidup.
(b-s)

            Links
            * Kata Bijak  Bahasa Arab (Mahfuzat, Muqtathafat, Syair  dll)
            * Sinopsis Memoirs of Geisha
            * Kata Hati Untuk Sebuah Nikmat Keangungan
            * Kata - Kata by Kahlil Gibran

No comments:

Powered by Blogger.