Hobi Mancing dan hasil tangkapan


kpknl ternate Memancing di laut merupakan kegemaran banyak orang, salah satu tempat mancing yang biasa dilakukan di Bali yaitu di perairan Buleleng, Singaraja. Nelayan di kawasan ini biasanya melakukan aktivitas mencari ikan dilakukan saat pagi hari, mulai pukul 05.30 wita sampai dengan selesai dan biasanya juga lebih pagi lagi jika tujuan tempat mancing di seputar rumpon (tempat/rumah ikan buatan) karena menempuh pejalananan ke tengah laut hampir 1 - 1,5 jam dengan perahu/ sampan bermesin motor tempel.

Tehnik memancing dan peralatan yang dipakai masih tradisional, seperti cerita mereka menurut kebiasaaan nelayan setempat kalau memakai peralatan modern ikan sulit didapat.

Contoh cara memancing :

1. Tehnik memancing dengan cara "Ngelamba" = dengan cara gulungan senar dan kail dengan umpan hidup seperti ikan kembung (gonggak) di ulur sepanjang 10-15 meter lalu ditaruh/di ikat di atas gabus dan gabus tersebut dibiarkan melayang mengikuti arus laut, tehnik ini mirip seperti tehnik mancing  "trolling"atau perpaduan "trolling dan ngoncer " ya, hmm. Hasil tangkapannya tehnik "Ngelamba" itu ini :

Hasil tangkapan tehnik ini seperti foto diatas yaitu ikan penumbuk (marlin), juga baracuda, tengiri dan lainnya

2.  Tehnik memancing dengan cara memakai umpan palsu berupa bulu yang diulur sejauh 10 metre lalu ditarik tarik secara berulang dengan posisi sampan berjalan pelan, nah ini contoh hasil tangkapannya gan

Jenis ikan biasa disebut disini Ikan "Tompek"

Oh ya kadang - kadang juga kita mancing bareng dengan teman dari manca negara, seperti pernah mancing bareng dengan teman dari Perancis.Gemana lumayan kan hasil tangkapannya, memancing ini membuat kita menjadi lebih fresh keesokan harinya ketika memulai aktivitas lagi, Gemana ada yang tertarik.?

No comments:

Powered by Blogger.