8 hal tentang strategisnya emas

Anda pasti taukan dengan yang namanya emas. Bisa dipastikan hampir semua orang suka terhadap emas. Emas merupakan salah satu logam yang bernilai tinggi baik dari sisi harga maupun sisi penggunaan.  Untuk mengetahui perkembangan harga Emas secara Online bisa lihat di http://www.gold-quote.net/  disana ditampilkan perkembangan naik -turunya harga emas setiap saat.

Kembali ke Emas, Bahan galian ini dikelompokkan juga ke dalam logam mulia (precious metal). Bangsa Mesir telah menggunakan emas lebih dari 5000 tahun yang lalu. Setiap negara biasanya menyimpan emas sebagai cadangan devisa negaranya, dan  Emas juga sebagai instrumen lindung nilai risiko, telah disukai oleh pasar global dalam situasi ekonomi saat ini.
Ada beberapa hal yang mesti diketahui tentang emas, seperti dalam bagian tulisan James Turk seorang pendiri GoldMoney tentang delapan hal yang harus diketahui tentang emas, seperti dibawah ini

1. Emas adalah komoditi yang spesial dan unik
Emas adalah barang tambang  dan terakumulasi di permukaan. Emas tidak dikonsumsi, jadi jumlahnya terus bertambah. Meskipun demikian emas selalu menjadi barang langka karena seluruh emas yang ada di permukaan bumi saat ini diperkirakan hanya berkisar antara 150,000 ton – 160,000 ton saja. Hal ini disebabkan supply emas dari waktu ke waktu terus menunjukkan penurunan sedangkan demand atau kebutuhan akan emas terus meningkat sebagai tujuan investasi dan lindung nilai.

2 Persediaan emas dunia terbatas hanya pada permukaan bumi
Karena sedikit dikonsumsi, maka total persediaan emas di seluruh dunia sama dengan jumlah seluruh emas di permukaan bumi. Kenaikan supply ini berkisar antara 2500 – 2000 ton per tahunnya.

3 Emas adalah uang sepanjang masa
Emas selalu menjadi uang atau alat tukar sepanjang sejarah manusia. Fakta pemerintahan negara-negara dunia mengendalikan nilai uang kertasnya dengan mempengaruhi supply emas di pasar adalah sebuah pengakuan bahwa emas adalah uang yang sebenarnya.

4 Emas adalah alternatif dari mata uang
Seluruh mata uang kertas turun nilainya dari waktu ke waktu karena uang baru selalu bisa dicetak kapan saja dan dalam jumlah berapapun pemerintah mau. Emaslah yang memiliki daya beli yang sebenarnya – bukan dolar Amerika, bukan rupiah atau mata uang kertas lainnya.

5 Daya beli Emas stabil sepanjang masa
Daya beli emas stabil karena sifatnya yang tahan dari gerusan inflasi, bahkan cenderung menguat. Tahun 1997 harga satu unit motor Rp. 4,600,000, dengan harga 1 gram emas Rp. 23,000 maka diperlukan sekitar 200 gram emas untuk membeli satu unit motor. Kini, harga satu unit motor Rp. 15,000,000, dengan gram emas yang sama, senilai 85,000,000, maka dengan emas tersebut, kita dapat memiliki 5 atau 6 unit motor bahkan dapat dibelikan satu unit mobil!

6 Nilai emas ditentukan oleh pasar
Meskipun pemerintahan negara-negara di dunia berusaha mempengaruhi harga emas dunia, kemampuan mereka terbatas dan makin lama- makin habis pengaruhnya. Hal ini dapat dilihat dari cadangan emas di bank-bank sentral seluruh dunia yang terus menurun karena digunakan untuk mempengaruhi harga emas dunia.

7 Emas selalu dalam kondisi Bull Market
Tahun 1994 harga 1 Dinar adalah Rp 111,000. hari ini 1 Dinar berharga Rp 1,150,000. Tahun 1997 1 gram emas 23,000, hari ini di posisi 425,000. Artinya emas harganya naik 10 kali lipat dalam 14 tahun terakhir. Apa yang menghalangi harga emas untuk naik 10 kali lipat lagi dalam 14 tahun kedepan? Tidak ada! Artinya bisa saja harga 1 Dinar akan mencapai Rp 11.5 juta pada saat anak kita yang baru lahir sekarang memasuki  usia SMA di tahun 2022. Meskipun trend menanjak, harga emas akan tetap berfluktuasi naik turun sepanjang perjalanannya.

8 Disarankan untuk membeli emas dalam bentuk fisiknya
baik berupa koin atau batangan dan sebaiknya tidak membeli emas hanya dalam bentuk sertifikat. Sistem perdagangan modern yang menggantungkan pada surat berharga, surat hutang dan sejenisnya, meskipun di back-up dengan emas sulit diandalkan. Emas fisik (physical gold) jauh lebih aman dan nyaman untuk investasi dan proteksi nilai.

No comments:

Powered by Blogger.