Dasar - Dasar Belajar mengemudi


 Sebelum mengemudi, ketahuilah tentang kondisi mobil yang anda mau pakai belajar mengemudi,  tidak sedang dalam masalah baik  kondisi mesin dan lainnya. Rem, Kopling, (mobil manual), Atau pun Areal yang anda mau pakai bila semua sudah memenuhi syarat atau standar keselamatan maka mulailah dengan sekarang.


Langkah awal :

  1. Kenali posisi  tongkat Prosneleng beserta urutan giginya   ( 1 2 3 4 5 R untuk mundur)
  2. Kenali putaran Stir full kekanan dan kekiri
  3. Kenali posisi pedal Kopling tekan atau injak dan lepaskan secara perlahan
  4. Kenali posisi pedal Gas seberapa efek powernya
  5. Kenali posisi pedal Rem seberapa tekanannya!

Langkah Selanjutnya :


1.Sebelum menyalakan mesin mobil alangkah baiknya anda mengoreksi kondisi tongkat prosnileng
(stik prosneleng)posisikan pada posisi netral/ nol. Posisi tersebut ada di tengah-tengah, antar gigi 3  dan 4 untuk mengetahui lebih jelas di goyang ke kanan dan k ekiri serta ke depan dan ke belakang.    Bila sudah anda mendapatkan posisi netral atau posisi nol, anda sudah mencapai posisi aman dalam    tahap awal

2.Untuk tahap berikutnya periksa kembali Hand rem atau rem tangan yang berposisi di sebelah kiri
   tempat duduk sopir atau di tengah antar posisi kursi sopir dan penumpang yang di sebelah
   kiri,namun bila type mobil anda yang tahun agak tua maka posisi rem tangan tersebut berada di
   sebelah depan di bawah kemudi sebelah kiri SETIR mobil anda pastikan terlepas dari fungsinya
   turunkan tuasnya.

3.Bila posisi di atas sudah anda kuasai maka mulailah dengan posisi duduk di belakang kemuadi
   dengan nyaman, senyaman mungkin, karena posisi tempat duduk kita akan berpengaruh untuk
   kenyaman mengemudi kita baik pada saat belajar ataupun bagi anda yang sudah bisa dalam
   mengemudi bersadarlah ke belakang secara normal jangan berlebihan dan jangan memajukan
   badan terlalu kedepan dengan tujuan ingin melihat secara sepenuhnya untuk jangkauan pandangan
   kedepan mobil, lakukan dengan seharusnya saja jangan paksakan pandangan kita, majukan dulu
   bila  jangkauan kaki kiri anda belum bisa menggapai pedal kompling secara pas dan benar/secara
   full.  Atau mundurkan bila kaki kiri atau lutut kiri anda terlalu menekuk dan begitu pula dengan
   pegangan  tangan kita di posisi stir. Karena akan berpengaruh sekali pada saat anda melakukan
   putaran setir, tangan akan terbentur ke posisi badan dan jok mobil kita sendiri , akhirnya kita tidak
   bisa melakukan pemutaran setir dengan maksimal cepat dan tepat pada saat kita memasuki
   tikungan  atau menghidardari rintangan

4. Pastikan pegangan tangan kita di posisi setir ada pada posisi titik nol untuk mengetahui posisi titik
    nol tersebut yaitu kita bisa liat dari posisi roda depan mobil kita dalam posisi lurus dan pasti posisi
    setir kita akan berada di posisi titik nol pula, cara yang ke dua putarlah posisi stir tersebut full
    kekanan atau kekiri sampai mentok tak tersisa lalu kembalikan kearah berlawannya dengan dua
    kali putaran stir dan pastikan stir tesebuat ada pada posisi T.

5. Kalau sudah siap semuanya instruksi di atas maka mulailah anda menghidupkan posisi mesin
    kendaraan putar tuas kontak / kunci mobil kita ke arah kanan satu tahap dulu maka biasanya akan
    terlapas dulu dari posisi kunci setir, putar lagi maka anda melihat di speedo miter mobil anda
    beberapa lampu tanda yang akan menyala denga warna merah atau orange namun di posisi
    tersebut  kondisi mesin mobil belum bisa hidup, lalu putar lagi keposisi kanan , maka secara
    sepontan anda akan merasaka perbedaan getaran mobil anda dan akan mendengar suara mesin
    mobil anda . AWAS kami harap anda janga dulu langsung menghidupkan Audio mobil anda,karena
    kita butuh kosentrasi yang tinggi dalam tahap kita belajar mengemudi.

6. Langkah selanjutnya. Posisikan kaki kiri anda di posisi pedal kopling yaitu posisi pedal di sebelah
    kiri sendiri karena di bawah ada 3 pedal . Posisi kaki kiri hanya bertugas di posisi pedal kopling
    saja tidak bisa berpindah ke posisi pedal yang lain baik Rem maupun pedal gas hanya satu tugas
    kopling  dan kaki kanan mulailah mencoba untuk menenkan pedal GAS dengan lembut, bedakan
    dan rasakan dengungan suara mesin dan getaranya dan anda harus tahu itu . Bila berada di posisi
    aman dan anda sudah bisa merasakan semua kaki kanan harus mencoba  untuk menekan posisi
    pedal Rem supaya mobil anda tidak bergeser dari posisi parkirnya di sebabkan kondisi jalan yang
    tidak datar / tidak rata

7. Terus tekan pedal Kopling dengan full dan tekan pedal Rem secukupnya . Lalu masukan Posisi
    prosneleng keposisi kiri, atau anda  tahan tongkat prosneleng tersebut ke posisi kiri lalu dorong ke
    arah depan bila anda menginnginkan untuk melaju kedepan, namun bila anda menginginkan untuk
    melakukan mudur maka tahan posisi tongkat prosneleng ka arah kanan sampai mentok lalu anda
    tarik ke belakang maka anda akan mendengar suara yang agak khas dari posisi prosneleng atret (
    krek)

8.Posisikan kedua tumit anda yang menginjak Kopling maupun Rem untuk tetap menyentuh lantai
   body Mobil karena itu akan sangat membatu sekali . Lalu angkat ujung kakaki kiri anda secara
   perlahan sekali rasakan kembali getaran mobil tersebut lalu bila anda sudah bisa merasakan
   perbedaanya dari getaran mobil tersebut yang di sebabkan adanya hasil pengan katan dari kaki kiri
   maka mulailah anda mengangkat sedikit demi sedikit kaki kanan anda dari pedal Rem dengan
   catatan semua tumit kaki harus tetap berada di posisi lantai mobil

9.Bila mobil anda sudah molai bergerak jangan terburu-buru untuk melakukan pelepasan akan
   semuanya baik pedal Kopling tahan dulu di posisi setengah Kopling dan kaki kanan tetap dulu
   stanby di posisi Rem , sampai anda bisa merasa rileks dan sedikit tenang serta bisa sedikit
   menikmati laju dari mobil tersebut.

10.Bila anda sudah mersakan sedikit ketenanngan dan bisa mengemudikan mobil itu dengan rileks
     walaupun tanpa adanya GAS pada saat itu lajukan mobil tersebut dengan pelan dan sedikit demi
     sedikit lepaskan pijakan kaki kiri anda yang berada  posisi kopling angakat habis atau lepas habis
     namun denga catatan posisi kaki kiri tatap redy di posisi pedal kopling dengan kondisi tumit
     sebagai tumpuan tanpa adanya tekanan sedikitpun pada posisi pedal kopling tersebut dan kaki
     kanan mulailah untuk berpindah pada posisi pedal gas AWAS pijakan kaki kanan di posisi Gas
     tidak boleh bertenaga atau anda harus menekan , lakukan penyentuhan dengan lembut topangkan
     kaki kanan tersebut di atas pedal gas tanpa adanya tenaga untuk menekanya, maka hasilnya saya
     pastikan hasil dari setuhan kaki kanan tersebut akan menimbulkan dengungan mesin yang halus,
     sentuh sedikit demi sedikit. Tergantung anda menginginkan seberapa laju mobil yang anda
     kemudikan,namun tentunya cukup pelan saja

11.Bila anda mau memasuki rute MENIKUNG langkah aman lakukan pemutaran stir dengan tenang
    dan jangan lupa tekan kopling di posisi setengah kopling demi manjaga keseimbangan dan kaki
    kanan posisikanstandby di posisi REM semua itu untuk menjaga agar anda tidak gugup bila
    menemukan sesuatu yang dapat membuat anda kaget saat anda mendapat rintangan setelah masuk
    ke posisi tikungan. Dengan demikian anda kan dengan sigap dan refleks akan menginjak dua pedal
    yang sudah anda jaga, KOPLING DAN REM namun bila itu tidak anda lakukan besar
    kemungkinan anda kan menekan GAS bila anda kaget di posisi tikungan tersebut dan yang pasti
    akan fatal. trik yang demikian yang sering di lupakan sehingga sering kali menimbulkan
    kecelakaan di posisi menikung.

sumber : mengemudi.info



No comments:

Powered by Blogger.