Dasar - Dasar Belajar mengemudi
Sebelum mengemudi, ketahuilah tentang kondisi mobil yang anda mau pakai belajar mengemudi, tidak sedang dalam masalah baik kondisi mesin dan lainnya. Rem, Kopling, (mobil manual), Atau pun Areal yang anda mau pakai bila semua sudah memenuhi syarat atau standar keselamatan maka mulailah dengan sekarang.
Langkah awal :
- Kenali posisi tongkat Prosneleng beserta urutan giginya ( 1 2 3 4 5 R untuk mundur)
- Kenali putaran Stir full kekanan dan kekiri
- Kenali posisi pedal Kopling tekan atau injak dan lepaskan secara perlahan
- Kenali posisi pedal Gas seberapa efek powernya
- Kenali posisi pedal Rem seberapa tekanannya!
Langkah Selanjutnya :
1.Sebelum menyalakan mesin mobil alangkah baiknya anda mengoreksi kondisi tongkat prosnileng
(stik prosneleng)posisikan pada posisi netral/ nol. Posisi tersebut ada di tengah-tengah, antar gigi 3 dan 4 untuk mengetahui lebih jelas di goyang ke kanan dan k ekiri serta ke depan dan ke belakang. Bila sudah anda mendapatkan posisi netral atau posisi nol, anda sudah mencapai posisi aman dalam tahap awal
(stik prosneleng)posisikan pada posisi netral/ nol. Posisi tersebut ada di tengah-tengah, antar gigi 3 dan 4 untuk mengetahui lebih jelas di goyang ke kanan dan k ekiri serta ke depan dan ke belakang. Bila sudah anda mendapatkan posisi netral atau posisi nol, anda sudah mencapai posisi aman dalam tahap awal
2.Untuk tahap berikutnya periksa kembali Hand rem atau rem tangan yang berposisi di sebelah kiri
tempat duduk sopir atau di tengah antar posisi kursi sopir dan penumpang yang di sebelah
kiri,namun bila type mobil anda yang tahun agak tua maka posisi rem tangan tersebut berada di
sebelah depan di bawah kemudi sebelah kiri SETIR mobil anda pastikan terlepas dari fungsinya
turunkan tuasnya.
3.Bila posisi di atas sudah anda kuasai maka mulailah dengan posisi duduk di belakang kemuadi
dengan nyaman, senyaman mungkin, karena posisi tempat duduk kita akan berpengaruh untuk
kenyaman mengemudi kita baik pada saat belajar ataupun bagi anda yang sudah bisa dalam
mengemudi bersadarlah ke belakang secara normal jangan berlebihan dan jangan memajukan
badan terlalu kedepan dengan tujuan ingin melihat secara sepenuhnya untuk jangkauan pandangan
kedepan mobil, lakukan dengan seharusnya saja jangan paksakan pandangan kita, majukan dulu
bila jangkauan kaki kiri anda belum bisa menggapai pedal kompling secara pas dan benar/secara
full. Atau mundurkan bila kaki kiri atau lutut kiri anda terlalu menekuk dan begitu pula dengan
pegangan tangan kita di posisi stir. Karena akan berpengaruh sekali pada saat anda melakukan
putaran setir, tangan akan terbentur ke posisi badan dan jok mobil kita sendiri , akhirnya kita tidak
bisa melakukan pemutaran setir dengan maksimal cepat dan tepat pada saat kita memasuki
tikungan atau menghidardari rintangan
4. Pastikan pegangan tangan kita di posisi setir ada pada posisi titik nol untuk mengetahui posisi titik
nol tersebut yaitu kita bisa liat dari posisi roda depan mobil kita dalam posisi lurus dan pasti posisi
setir kita akan berada di posisi titik nol pula, cara yang ke dua putarlah posisi stir tersebut full
kekanan atau kekiri sampai mentok tak tersisa lalu kembalikan kearah berlawannya dengan dua
kali putaran stir dan pastikan stir tesebuat ada pada posisi T.
5. Kalau sudah siap semuanya instruksi di atas maka mulailah anda menghidupkan posisi mesin
kendaraan putar tuas kontak / kunci mobil kita ke arah kanan satu tahap dulu maka biasanya akan
terlapas dulu dari posisi kunci setir, putar lagi maka anda melihat di speedo miter mobil anda
beberapa lampu tanda yang akan menyala denga warna merah atau orange namun di posisi
tersebut kondisi mesin mobil belum bisa hidup, lalu putar lagi keposisi kanan , maka secara
sepontan anda akan merasaka perbedaan getaran mobil anda dan akan mendengar suara mesin
mobil anda . AWAS kami harap anda janga dulu langsung menghidupkan Audio mobil anda,karena
kita butuh kosentrasi yang tinggi dalam tahap kita belajar mengemudi.
6. Langkah selanjutnya. Posisikan kaki kiri anda di posisi pedal kopling yaitu posisi pedal di sebelah
kiri sendiri karena di bawah ada 3 pedal . Posisi kaki kiri hanya bertugas di posisi pedal kopling
saja tidak bisa berpindah ke posisi pedal yang lain baik Rem maupun pedal gas hanya satu tugas
kopling dan kaki kanan mulailah mencoba untuk menenkan pedal GAS dengan lembut, bedakan
dan rasakan dengungan suara mesin dan getaranya dan anda harus tahu itu . Bila berada di posisi
aman dan anda sudah bisa merasakan semua kaki kanan harus mencoba untuk menekan posisi
pedal Rem supaya mobil anda tidak bergeser dari posisi parkirnya di sebabkan kondisi jalan yang
tidak datar / tidak rata
7. Terus tekan pedal Kopling dengan full dan tekan pedal Rem secukupnya . Lalu masukan Posisi
prosneleng keposisi kiri, atau anda tahan tongkat prosneleng tersebut ke posisi kiri lalu dorong ke
arah depan bila anda menginnginkan untuk melaju kedepan, namun bila anda menginginkan untuk
melakukan mudur maka tahan posisi tongkat prosneleng ka arah kanan sampai mentok lalu anda
tarik ke belakang maka anda akan mendengar suara yang agak khas dari posisi prosneleng atret (
krek)
8.Posisikan kedua tumit anda yang menginjak Kopling maupun Rem untuk tetap menyentuh lantai
body Mobil karena itu akan sangat membatu sekali . Lalu angkat ujung kakaki kiri anda secara
perlahan sekali rasakan kembali getaran mobil tersebut lalu bila anda sudah bisa merasakan
perbedaanya dari getaran mobil tersebut yang di sebabkan adanya hasil pengan katan dari kaki kiri
maka mulailah anda mengangkat sedikit demi sedikit kaki kanan anda dari pedal Rem dengan
catatan semua tumit kaki harus tetap berada di posisi lantai mobil
9.Bila mobil anda sudah molai bergerak jangan terburu-buru untuk melakukan pelepasan akan
semuanya baik pedal Kopling tahan dulu di posisi setengah Kopling dan kaki kanan tetap dulu
stanby di posisi Rem , sampai anda bisa merasa rileks dan sedikit tenang serta bisa sedikit
menikmati laju dari mobil tersebut.
10.Bila anda sudah mersakan sedikit ketenanngan dan bisa mengemudikan mobil itu dengan rileks
walaupun tanpa adanya GAS pada saat itu lajukan mobil tersebut dengan pelan dan sedikit demi
sedikit lepaskan pijakan kaki kiri anda yang berada posisi kopling angakat habis atau lepas habis
namun denga catatan posisi kaki kiri tatap redy di posisi pedal kopling dengan kondisi tumit
sebagai tumpuan tanpa adanya tekanan sedikitpun pada posisi pedal kopling tersebut dan kaki
kanan mulailah untuk berpindah pada posisi pedal gas AWAS pijakan kaki kanan di posisi Gas
tidak boleh bertenaga atau anda harus menekan , lakukan penyentuhan dengan lembut topangkan
kaki kanan tersebut di atas pedal gas tanpa adanya tenaga untuk menekanya, maka hasilnya saya
pastikan hasil dari setuhan kaki kanan tersebut akan menimbulkan dengungan mesin yang halus,
sentuh sedikit demi sedikit. Tergantung anda menginginkan seberapa laju mobil yang anda
kemudikan,namun tentunya cukup pelan saja
11.Bila anda mau memasuki rute MENIKUNG langkah aman lakukan pemutaran stir dengan tenang
dan jangan lupa tekan kopling di posisi setengah kopling demi manjaga keseimbangan dan kaki
kanan posisikanstandby di posisi REM semua itu untuk menjaga agar anda tidak gugup bila
menemukan sesuatu yang dapat membuat anda kaget saat anda mendapat rintangan setelah masuk
ke posisi tikungan. Dengan demikian anda kan dengan sigap dan refleks akan menginjak dua pedal
yang sudah anda jaga, KOPLING DAN REM namun bila itu tidak anda lakukan besarkemungkinan anda kan menekan GAS bila anda kaget di posisi tikungan tersebut dan yang pasti
akan fatal. trik yang demikian yang sering di lupakan sehingga sering kali menimbulkan
kecelakaan di posisi menikung.
sumber : mengemudi.info
No comments: