Ngaben Ceremony (Upacara Ngaben)

Ritual keagamaan pembakaran jenazah  atau kremasi umat Hindu di Bali disebut Upacara Ngaben.  Ritual ini merupakan suatu bentuk penghormatan  untuk leluhur atau sanak saudara yang telah meninggal dan juga sebagai simbol penyucian roh orang yang meninggal.

Upacara Ngaben ini biasanya dilaksanakan oleh keluarga dan sanak saudara dari yang berduka atau  yang meninggal,dibantu oleh bersama masyarakat sekitarnya. Biasanya hari pelaksanaannya ditentukan dengan mencari hari baik yang biasanya sesuai pentunjuk dari seorang Pedanda. 

Keluarga yang berduka dan  masyarakat akan membuat “Bade" dan Lembu” yang merupakan tempat jenazah  yang dipersiapkan sebelum hari Upacara Ngaben. Beberapa ritual lain sebelum upacara ngaben juga dilakukan seperti membersihkan mayat yang  disebut “Nyiramin”.

Setelah semuanya telah siap, maka mayat akan ditempatkan di “Bade” dan diusung beramai-ramai ke tempat upacara Ngaben. Dengan iringan gamelan dan kidung suci Bade dan lembu diusung  sampai di kuburan, Setelah upacara pembakaran jenazah  (Ngaben)  dilaksanakan abu dari hasil pembakaran ngaben itu  kemudian dibuang ke Laut atau sungai.

No comments:

Powered by Blogger.