Batik makin digemari di luar negeri

Batik saat ini sudah menjadi gaya hidup, bukan hanya dalam bentuk kain tradisional saja, tetapi juga dalam bentuk apa saja dalam semua bidang kehidupan seperti di rumah misalnya, sarung bantal, seprai, taplak meja, hingga peralatan makan juga bisa menggunakan motif batik. Sehingga batik boleh dibilang sudah menjadi bagian dari  gaya hidup keseharian.

Pada pasar duniapun batik mulai digemari , apalagi batik dengan pewarnaan alami  kian digemari konsumen asing karena ramah lingkungan dan batik juga cerminan budaya Indonesia.  Batik yang dikenal dunia sebagai warisan budaya Indonesia juga menjadi daya tarik konsumen asing.  Bermacam produk batik yang digemari konsemuen asing dijual dalam bentuk kain, baju, syal dan selendang.

Banyak desainer fashion kelas dunia  juga mulai mengadaptasi motif batik Indonesia dalam koleksi busana mereka juga.  Di China batik Indonesia juga makin dikenal luas dan sangat digemari oleh masyarakat China seperti yang pernah dikatakan istri Menteri Luar Negeri China, Le Aimei, kepada istri  Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Eni Cotan saat pameran di Beijing.

No comments:

Powered by Blogger.