Apakah Turun Hujan Hari Ini? Kenali Jenis Awan Untuk Memprediksi Cuaca

Mengetahui jenis awan di langit bisa menjadi salah satu indikator guna memprediksi cuaca, sehingga Anda dapat mengatur kegiatan anda terutama kegiatan yang dilaksanakan di luar ruangan (outdoor).  Ada beberapa jenis awan yang perlu anda ketahui untuk dapat memprediksikan cuaca, namun jika anda bingung dan tak dapat mengingat dengan baik nama dan jenis-jenis awan ini, anda hanya perlu melihat posisi awan yang ada di langit, semakin tinggi posisinya, semakin baik pula cuaca yang akan terjadi. Langsung aja simak dibawah ini : 
1. Awan Stratus


Merupakan jenis awan rendah umumnya tipis seperti lapisan kabut yang dapat menghasilkan gerimis. Jika awan  Stratus ini menghiasi langit malam serta menutupi keindahan langit di pagi hari, biasanya beranjak siang mereka akan menghilang dan menghasilkan cuaca yang baik.

2. Awan Stratocumulus
Stratocumulus merupakan awan yang terlihat seperti lapisan yang menggumpal menutupi langit. Awan jenis ini biasanya menghasilkan hujan ringan. Namun tenang saja, biasanya setelah mendekati sore/ senja, awan ini akan segera menghilang.

3. Awan Nimbostratus
Nimbostratus adalah awan rendah yang menyelimuti langit yang menunjukkan kalau hujan berlangsung selama beberapa jam.

4. Awan Altostratus
Altostratus adalah awan berupa kerudung yang menggantung di langit menutupi matahari atau bulan. Jika awan jenis ini semakin tebal dan menghitam, bersiaplah karena itu pertanda bahwa hujan sedang dalam perjalanan.

5. Awan Cirrostratus
Cirrostratus adalah awan yang terdiri dari partikel es. Biasanya awan ini menutupi matahari dan menghasilkan lingkaran cahaya indah. Jika awan ini menutupi langit, dan membuat langit menjadi gelap, hal itu akan menghasilkan hujan, namun tergantung suhu udara yang ada.

6. Awan Cirrus
Cirrus merupakan awan tipis nan tinggi di atas langit. Awan ini biasanya terlihat saat cuaca sedang sangat cerah.

7. Awan Cumulus
Jenis ini adalah awan yang paling mudah untuk dikenali. Bentuknya berupa gumpalan-gumpalan putih yang serupa kapas. Jika awan cumulus terbentuk secara terpisah-pisa dengan ukuran yang relatif kecil, itu menandakan cuaca baik. Namun jika gumpalannya besar dan warnanya agak gelap, bisa mendatangkan hujan yang sangat lebat.

8. Awan Cumulonimbus
Nah, kalau yang ini adalah awan petir. Posisinya bisa sangat rendah menggantung di langit. Jika awan jenis ini muncul, kemungkinan besar akan ada hujan badai disertai angin kencang dan petir.

9. Awan Altocumulus
Awan altocumulus adalah awan yang menandakan cuaca sangat cerah. Awan ini biasanya hadir setelah setelah badai.

10. Awan Cirrocumulus
Cirrocumulus adalah termasuk jenis awan tinggi (high cloud) yang indah serupa riak air di permukaan danau. Mereka merupakan pertanda cuaca yang sangat cerah, dan biasanya akan menghilang ke langit biru yang cerah.

(Berbagai sumber & Blog Bluetripper)

Related Posting : Awan apa penyebab Turbulensi 

1 comment:

Powered by Blogger.