Siapakah MUAMMAR KHADAFI atau Qaddafi, Muammar Al-Gathafi, Mu'ammar Al Qathafi, Muammar El Gaddafi, Moamar El Kadhafi, moammar El Kazzafi, Moamer El Qathafi, Mu'Ammar Gadafi, Mo'ammar Gathafi, Muammar Ghaddafi, Muammar Gheddafi, Muhammar Kadaffi, Mu`amar al- Kaddafi, Muamar Kaddafi, Muamer Gadafi, Muammar Al-Gathafi, Mu'ammar al-Qadafi,Mulazim Awwal Mu'ammar Muhammad Abu Minyar al-Qadhafi

Muammar Khadafi adalah pemimpin Libya sejak 1969. Jabatan yang disandangnya bukan merupakan jabatan resmi, tetapi ia menyandang “Guide of the First of September Great Revolution of the Socialist People’s Libyan Arab Jamahiriya” atau “Brotherly Leader and Guide of the Revolution”.

Latar belakang Muammar Khadafi 

Khadafi adalah anak termuda dari sebuah keluarga miskin Badawi (Bedouin) yang nomadik di daerah gurun pasir di Sirte. Dia lahir di Surt, Tripolitania, 7 Juni 1942. Ibunya adalah seorang Yahudi yang mulai memeluk agama Islam sejak usia 9 tahun. Hal ini secara teknis membuat Khadafi seorang Yahudi menurut Judaisme.

Pendidikan dan Karir

Dia diberikan pendidikan SD tradisional yang religius dan bersekolah di SMU Sebha di Fezzan dari 1956 hingga 1961. Khadafi dan sekelompok kecil teman-temannya yang dia temui di sekolah ini kemudian membentuk kepemimpinan utama dari sebuah kelompok revolusiner militan yang kelak merebut kekuasaan negara Libya. Inspirasi bagi Khadafi adalah Gamal Abdul Nasser, seorang negarawan yang populer di Mesir, yang naik ke takhta kepresidenan dengan meminta persatuan Arab dan menghujat Barat. Pada 1961, Khadafi dikeluarkan dari Sebha karena aktivitas politiknya.

Dia kemudian kuliah di Universitas Libya, di mana dia lulus dengan nilai yang sangat baik. Dia lalu bergabung dengan Akademi Militer di Benghazi pada 1963, di mana dia dan beberapa rekan militannya membentuk sebuah kelompok rahasia yang bertujuan menjatuhkan monarki Libya yang pro-Barat. Setelah lulus pada 1965, dia dikirim ke Britania untuk latihan lanjutan, dan kembali pada 1966 sebagai seorang opsir dalam Korps Sinyal.

Keluarga Khadafi

Khaddafi memiliki keluarga besar,  menikah dua kali dan memiliki 7 putra, 1 putri dan dua anak adopsi yaitu :

1.Muhammad al Khadafi [ 40thn/ Insiyur]. Muhammad ini kini adalah kepala Komite Olimpiade Libya. Untuk urusan bisnis, dia adalah penguasa General Post and Telecom Company. Ini adalah perusahaan besar di Libya yang menguasai operator ponsel dan komunikasi satelit. Muhammad al khadafi putra dari istri pertamanya Fatiha dan pernikahan tersebut hanya langgeng 6 bulan.

Istri kedua Khadafi adalah Safia Farkash. Dari Safia, Khaddafi punya 6 anak =

2.Saif al Islam al Khaddafi [39thn]. Penyandang gelar PhD dari London School of Economic ini sangat fasih berbahasa Inggris. Saif banyak berkecimpung di Gaddafi International Charity and Development Foundation, sebuah badan amal yang berjasa membebaskan tawanan kelompok Islam militan di Filipina Selatan. Dia sempat pergi meninggalkan keluarganya pada 2006 karena mengkritik pemerintahan sang ayah. Namun pada 2008 dia kembali, walaupun menegaskan tidak tertarik melanjutkan kepemimpinan ayahnya. Ketika Libya bergejolak sekarang ini, dia muncul di TV dan meminta rakyat tenang.

3. Saadi Khadafi [37thn]. Dia sempat merumput di Liga Italia Serie A sebagai pemain profesional di klub Sampdoria. Namun karir sepakbolanya pendek. Saadi lalu menikah dengan putri pimpinan militer dan mengurus Libya Football Federation, PSSI-nya Libya. Saadi sekarang berbisnis di industri film dengan menginvestasikan uang US$ 100 juta atau sekitar Rp 900 miliar.

4. Muttassim Khadafi[36thn]. Dia seorang Letnan Kolonel di Angkatan Darat Libya. Muttassim pernah kabur ke Mesir karena hendak mengkudeta sang ayah. Namun, Khadafi memaafkannya. Muttassim kini didapuk sebagai Penasihat Keamanan Nasional Libya dan masuk dalam Dewan Keamanan Nasional. Sebagai anak Khadafi, Muttassim pun bisa memiliki tentara sendiri.

5. Hannibal Khadafi [34thn]. putra kelima Khadafi dan mungkin yang paling bengal. Dia sempat bekerja di General National Maritime Transport Company, perusahaan ekspor minyak Libya. Namun Hannibal lebih dikenal di Eropa lantaran sejumlah tindakan pelanggaran hukum, mulai dari kebut-kebutan dengan Porsche mewahnya di Paris sampai menggebuki orang. Hannibal ini juga terkenal sebagai raja pesta yang kerap mengundang artis-artis dari AS.

6. Saif al-Arab Khadafi [29thn], yang paling minim menjadi sorotan. Dia diketahui masih kuliah di Munich, Jerman. Namun, Saif pun hidup bermewah-mewahan. Pada 2008, dia berurusan dengan polisi Jerman karena knalpot Ferrari mewahnya yang bising.

7. Khamis Khadafi [28thn] adalah putra ketujuh pemimpin Libya ini. Dia adalah perwira polisi dan memiliki pasukan khusus yang dilatih di Rusia. Khamis dinilai bertanggung jawab atas kekerasan terhadap para demonstran di Benghazi.

8. Satu-satunya anak perempuan Khadafi adalah Ayesha al Khadafi [32]. Perempuan cantik ini adalah seorang pengacara. Anak bungsu Khadafi ini masuk dalam tim pembela mantan pemimpin Irak, Saddam Hussein.

Khadafi masih punya dua anak adopsi yaitu putri bernama Hanna dan putra Milad Abuztaia al Khadafi. Hanna tewas saat AS membom kediaman Khadafi pada 1986. Sedangkan Milad selamat dan justru menyelamatkan Khadafi dalam peristiwa itu.

Kekayaan Khadafi

Di tengah kekayaan timbunan emas hitam minyak di Libya ternyata kekayaan Pimpinan Libya Muammar Kadhafipun sangat luarbiasa. Diperkirakan kekayaan Kadhafi sebesar 80 Miliar US Dollar, dan kekayaan seluruh klan-nya mencapai 150 miliar US Dollar. Pemasukan negara Deutsche Welle, langsung mengalir ke kantung keluarga yang berkuasa. Rakyat tidak mendapat sepeser pun. Dengan uang tersebut Khaddafi membangun pasukan serdadu bayaran untuk melindungi rezimnya sendiri. Aset pemerintah Libia berjumlah miliaran dolar diduga disimpan di sejumlah rekening bank asing. Uang itu dikumpulkan dari hasil penjualan minyak milik negara.

Libya adalah produsen minyak terbesar ketiga di Afrika. Cadangan minyaknya ditaksir mencapai 45 milyar barrel. Sementara cadangan gas bumi yang diperkirakan sekitar 1500 milyar kubikmeter, berada di urutan ke-empat di Afrika.

Tahun 2006 lalu Gaddafi membentuk Libyan Investment Authority (LIA) yang sejauh ini diduga telah menginvestasikan dana sebesar 60 miliar US Dollar di luar negeri, di antaranya di sektor perbankan, media, klub olahraga dan di sektor otomotif. Libya bahkan menguasai 7,5% dari sektorn perbankan Italia. Selain itu LIA juga mengakuisisi 2,6% saham FIAT dan 7,5% di klub Juventus. Khaddafi sendiri menurut Financial Times, menginvestasikan uang sebesar 21,9 juta US Dollar di sebuah kompleks hotel di L’Aquila, sebuah kota di Italia yang 2009 lalu terkena bencana gempa bumi.

Khadafi dilaporkan memiliki rekening tambahan untuk pendapatan dari minyak. Isunya ia saat ini memiliki 82 Miliar dollar. Tapi itu jumlah yang muncul pada tahun 90-an, kini jumlahnya pasti lebih tinggi lagi.

Kadhafi punya sejumlah saham di Belanda. Perusahaan minyak negara Libya, Tamoil yang berkantor di Ridderkerk, memiliki 160 SPBU. Demikian penelitian harian de Volkskrant. Tamoil merupakan anak perusahaan Oilinvest yang berkantor pusat di Monaco dan punya cabang di sejumlah negara Eropa lain. Perusahaan bergerak di bidang perdagangan minyak mentah dan produk olahan, serta transportasi, pengilangan, penyimpanan dan distribusi minyak. Perusahaan itu juga menjalankan sejumlah kegiatan pemasaran dan penjualan pelumas.

Juventus Di alamat yang sama di Ridderkerk, sebuah perusahaan tercatat menambang gas dan minyak di Libya, Prancis dan Kanada untuk Khadafi. Kantor tersebut punya 35 karyawan. Tamoil meraih laba besih 26 juta euro di tahun 2009.

Sebagian besar kekayaan Kadhafi lain berada di Italia, yang sebelumnya merupakan koloni. Tamoil merupakan salah satu pemain besar di pasar bahan bakar. Kadhafi juga punya saham di salah satu bank terbesar Italia, UniCredit dan fabrikan peralatan perang Finmeccanica. Selain itu, walaupun jumlahnya tidak besar, Khadafi juga punya saham di klub sepak bola Juventus.

60 Miliar Seluruh kepentingan bisnis Khadafi dilaksanakan lewat perusahaan investasi Libya, Arab Jamahiriya, yang sejak tahun 1969 dipimpin Khadafi. Volkskrant memperkirakan jumlah kekayaan Khadafi mencapai 60 miliar euro. Sekitar 40 miliar-nya berada di Libya.

Khadafi juga mempunyai saham sebesar 7,5% di klub sepak bola Italia, Juventus. Pada 1986, dia menggunakan ejaan Moammar El-Gadhafi. Menurut situs resminya, dia lebih menyukai ejaan Muammar Gadafi, meski di situs web yang sama juga ada ejaan alternatif, al-Gathafi.

Harian Inggris The Guardian hari Selasa lalu (22/2) melaporkan “celah” dalam anggaran Libya yang berupa selisih dari pendapatan minyak dan gas bumi serta pengeluaran negara. Harian tersebut yakin, pendapatan migas yang tidak dibelanjakan oleh negara itu merupakan harta kekayaan keluarga khadafi.

Dari sebuah sumber yang dirahasiakan, The Guardian mengutip bahwa keluarga Khaddafi menyimpan uang milyaran Dollar dalam rekening gelap di Dubai, kemungkinan juga di beberapa negara Teluk yang lain dan di Asia Tenggara. Financial Times dalam laporannya yang mengacu pada memo diplomasi yang bocor melalui Wikileaks, menuding Khaddafi membangun “imperium kekayaan,” yang diolah oleh anak-anaknya.

Bahwa Khadafi tidak membeda-bedakan kekayaan pribadi dengan uang negara semakin mempersulit media untuk mengungkap kekayaannya. Sang pemimpin revolusi dan keluarganya menggunakan uang negara seperti memakai uang sendiri, begitu kata Assanoussi Albseikri, seorang pakar politik di Libya. Pejabat tinggi negara langsung ditunjuk oleh Khaddafi. Farhat Kaddara, Direktur Bank Sentral yang sangat loyal terhadapnya. Para pejabat berada di bawah pengawasan langsung Gaddafi dan dilarang untuk menananyakan soal anggaran. Ia mengawasi sumber daya alam dan menentukan pengeluaran negara secara langsung.

Tahun 2010 Libya memproduksi dua persen dari kebutuhan minyak dunia, yakni sekitar 2,6 juta barrel minyak bumi per hari. Pemasukan dari sketor migas tahun lalu mencapai sekitar 45 Miliar US Dollar. Menurut informasi National Oil Coorporation (NOC), negara di Afrika Utara itu tahun 2009 masih memproduksi 1,6 juta barrel minyak per hari dan mendapat pemasukan sekitar 35 milyar US Dollar.

Pengacara asal Libya, Alhadi Shallouf yang merupakan salah seporang anggota di Mahkamah Kejahatan Perang di Den haag, memperkirakan, bahwa penerimaan negara dari sektor migas sejak 1969 berjumlah ratusan miliar dolar dan separuhnya mendarat di kantung pribadi keluarga Khadafi.

Tokoh oposisi Libya menuntut pemerintahan asing untuk membekukan rekening Khaddafi dan keluarganya, seperti juga dalam kasus Tunisia dan Mesir. Uni Eropa lebih dahulu membekukan aset kekayaan Khadafi sebagai tekanan agar ia turun dari jabatannya. Pemerintah Amerika Serikat juga telah membekukan aset Libia senilai sekitar US$ 30 miliar.

Austria juga membekukan aset pemimpin Libia Mummar Khadafi senila 1,2 miliar euro. Seperti dilansir NHK, Selasa (1/3), Langkah itu akan dilakukan Bank Sentral Austria terhadap lembaga-lembaga keuangan di negara itu. Bahkan, aset keuangan keluarga dan kroni Khadafi pun akan dibekukan.

Presiden Barack Obama, mengeluarkan perintah eksekutif, menyita aset dan memblokir segala properti di Amerika Serikat milik Muammar Khaddafi atau empat putranya. Obama mengatakan langkah-langkah yang secara khusus ditujukan terhadap pemerintah Khaddafi dan bukan kekayaan rakyat Libya.

Baca Juga : Foto - Foto Exclusive Tewasnya Khadafi  Pengawal - Pengawal Cantik Muammar Khaddafi

Sumber : wikipedia dan berbagai sumber lainnya

No comments:

Powered by Blogger.