Hal - Hal Unik Seputar Motif Batik

Beberapa hal unik berkaitan dengan motif batik, yang tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI ) Seperti :

 1. Kemeja Batik Terbesar

Kemeja Batik Terbesar berikuran 22,5 m x 15,3 meter dibuat selama 8 hari, menghabiskan 450 lembar kain. Rekor ini dipecahkan  oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur; Paguyuban Pengrajin Batik Sidoarjo [PABIS] dan PT. Coca-Cola Amatil Indonesia Jatim

2. Panggung Pergelaran Bermotif Batik Pertama di Dunia

Inilah event pertama di Indonesia bahkan di Dunia yang menggunakan panggung bemotif Batik  diselenggarakan di Birawa Assembly Hall, Hotel BidakaraJakarta. Concept panggung catwalk dengan motif batik gabungan antara sido mukti, truntum dan motif lainnya.


3. Batik dengan Motif Terbanyak dalam Satu kain


Batik dengan motif terbanyak, 1.001 pada satu kain. Semua motif diambil dari motif-motif klasik dan mempunyai nama asli [pakem]. Batik tersebut dibuat dengan proses tulis dengan media kain katun primisima dan panjang kain 4 meter x 1,15 meter. Kegiatan berlangsung pada 27 Maret 2010 di Yogyakarta.

4. Mobil Bermotif Batik Pertama di Indonesia

Tercatat di MURI karena inilah yang pertama mobil mercy yang dicat menggunakan motif Batik.

5. Barongsai dengan Motif Batik


Untuk memperingati IMLEK 2561, berhasil dilaksanakan kegiatan pembuatan barongsai batik  di Solo.

6.  Lemari Es dan Mesin Cuci dengan Motif Batik Pertama di Dunia

Lemari es dan mesin cuci bermotif batik ini  dibuat sebanyak 15 unit pengrajin batik. Dibuat dalam rangka memperingati 20 Tahun, PT. LG Electronic Indonesia di Jakarta.

7. Peta Indonesia di Kain Batik Terbesar

Kain batik bergambar peta Indonesia dengan ukuran 650 cm x 295 cm, dibuat oleh 5 pembatik, 5 pemberi warna, dan 2 petugas finishing


8. Replika Kuda Batik Terbesar

Replika kuda batik terbesar dengan ukuran tinggi 5,5 meter; panjang 7,5 meter dan lebar 1,8 meter dengan  bahan yang digunakan : polyresin, cat : acrylic dan jumlah motof batik 23 motif. Dibuat dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-65 tahun 2010 di Jakarta pada acara KRIDAYA 2010, oleh Yayasan Sulam Indonesia.

9. Alat Berat dengan Desain Batik Pertama di Dunia

Dalam rangka grand launching the new Komatsu PC130-7, PC200-8 dan PC400-8, PT. United Tractors, Tbk berhasil tercatat di MURI atas rekor alat berat dengan desain batik pertama di Indonesia.

10. Pemakaian Atribut Bernuansa Batik Peserta Terbanyak 

Dalam rangka memperingati satu tahun hari Batik Nasional, Yayasan Batik Indonesia dan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu menyelenggarakan kegiatan jalan gembira batik Indonesia, dalam acara tersebut para peserta memakai atribut bernuansa batik dengan peserta terbanyak, 5.000 peserta.

Sumber : MURI 


No comments:

Powered by Blogger.