Makam Tua di Pekuburan Islam Kampung Baru Singaraja

Memasuki areal pekuburan Islam di Kelurahan Kampung Baru Singaraja Bali, tampak ada satu makam yang menarik perhatian, karena bentuknya berbeda dengan makam yang lain disekitarnya.


Dilihat dari bentuknya tampak makam ini telah lama keberadaannya di areal pekuburuan itu, dan menurut cerita dari warga setempat termasuk salah satu kuburan tua yang berada di areal itu.

Kuburan ini untuk menghormati kearifan lokal setempat  disebut Kuburan Keramat,  keberadaanya sudah ada sejak  lama, menurut beberapa cerita warga konon adalah kuburan seorang Habib yang berasal dari daerah Betawi- Jakarta, yang pernah mendarat dan tinggal disekitar pelabuhan Sunda kecil pada waktu itu atau Eks Pelabuhan Buleleng saat ini.
Konon menurut cerita,  bahwa dahulunya pelabuhan sunda kecil (eks pelabuhan Buleleng) adalah pelabuhan yang ramai disinggahi oleh kapal - kapal pedagang dari dalam maupun mancanegara.

Makam/ Kuburan Keramat ini diperkirakan oleh beberapa warga telah berusia sekitar 200 tahun  bahkan bisa lebih.

Sampai sekarang belum diketahui secara pasti oleh warga setempat siapa sebenarnya yang dimakamkan di dalam makam keramat itu. Namun menurut cerita dari warga sekitar, beberapa kali ada para ziarah yang datang menggunakan bus berasal dari Jakarta yang berziarah ke Makam Keramat ini.

(Jeka / berbagai sumber di lokasi)

No comments:

Powered by Blogger.